Tips Memilih Panci yang Tepat untuk Anda

Cara memilih dan membeli set peralatan masak untuk rumah Anda tidak mudah. Jumlah merek peralatan masak tampaknya terus bertambah setiap hari dan kisaran wajan sangat besar dengan bahan bervariasi dari stainless steel, besi cor, aluminium, dan tembaga. Yang lebih membingungkan lagi adalah berbagai peralatan masak yang terdiri dari dua atau lebih logam yang berbeda.

Jadi dengan semua ini dalam pikiran, bagaimana Anda akhirnya memutuskan jenis peralatan masak yang tepat sambil tetap sesuai anggaran Anda? Jawabannya adalah mengetahui persis apa yang Anda inginkan sebelum membeli. Singkatnya, ini berarti Anda perlu cukup tahu tentang peralatan masak untuk memungkinkan Anda membuat keputusan.

Apa yang harus Anda cari saat membeli peralatan masak?

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih peralatan masak. Ini termasuk:

Konduktivitas panas – Beberapa logam adalah konduktor panas yang lebih baik daripada yang lain. Misalnya, tembaga adalah konduktor panas yang sangat baik sedangkan stainless steel tidak. Apa artinya ini dalam hal peralatan masak adalah bahwa semakin baik konduktivitas panas semakin baik dan semakin merata makanan Anda. Ini juga berarti bahwa ketika Anda menyalakan atau menurunkan panas peralatan masak tembaga akan bereaksi jauh lebih cepat terhadap perubahan suhu daripada peralatan masak stainless steel.

Harga – Jumlah yang Anda bayar untuk peralatan masak Anda kemungkinan besar akan menjadi faktor penentu dalam apa yang akhirnya Anda beli. Aturan praktis dengan peralatan masak adalah membeli yang terbaik yang Anda mampu.

Daya tahan – Beberapa jenis peralatan masak akan mempertahankan ketempaannya dan bertahan lebih lama dari yang lain. Baja tahan karat dianggap sebagai salah satu yang terbaik dalam hal ini.

Reaktivitas – Beberapa logam bereaksi dengan makanan tertentu. Aluminium misalnya memiliki kecenderungan bereaksi dengan tomat dan hidangan asam lainnya. Ini berarti bahwa makanan Anda benar-benar dapat menyerap sebagian logam, jadi berhati-hatilah dengan pilihan peralatan masak Anda dan pastikan bahwa Anda mengetahui reaktivitas setiap produk.

Pemeliharaan – Jika Anda lebih suka untuk tidak harus memoles peralatan masak Anda setiap malam hanya agar tetap terlihat bagus maka Anda perlu mempertimbangkan jumlah perawatan yang diperlukan untuk membuatnya dalam kondisi prima. Peralatan masak tembaga dan besi cor umumnya membutuhkan sedikit kerja agar tetap terlihat asli sementara stainless steel biasanya sedikit lebih mudah dirawat.

Beberapa tips terakhir:

Pikirkan peralatan masak apa yang Anda butuhkan sebelum Membeli. Tidak ada gunanya membeli set 20 buah jika Anda hanya akan berakhir menggunakan hanya 2 panci saja.

Membeli set peralatan masak biasanya jauh lebih murah daripada membeli satu persatu. Tetapi sekali lagi jika Anda tidak akan menggunakan semua bagian maka pertimbangkanlah sebelum membeli satu set panci.

Beli yang terbaik yang bisa Anda beli untuk Anda.

Dan akhirnya – Membuat keputusan akhir:

Membuat keputusan akhir tentang apakah Anda ingin stainless steel, besi cor, tembaga atau aluminium benar-benar keputusan pribadi berdasarkan berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk memasak, keahlian Anda di dapur dan anggaran Anda.

Luangkan waktu Anda ketika memilih peralatan masak, beli produk terbaik yang mampu Anda beli, dan ikuti instruksi dari pabriknya untuk merawat panci dan wajan Anda dan Anda akan mendapatkan performa yang baik dan pengalaman memasak yang menyenangkan selama bertahun-tahun.